OPPO Reno4 F (8/128) - Matte Black
4.5 / 5
Rp 4.006.000
Garansi Resmi
Gratis Ongkir
Deskripsi Produk
Ukuran LayarSuper AMOLED, 430 nits (typ), 800 nits (peak), 6.43 inches
Kamera Belakang48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (depth), 2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Depan16 MP, f/2.4, (wide)
OSAndroid 10; ColorOS 7.2
ProcessorMediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh battery
Cicilan mulai dari
Rp 796.000
Syarat dan Ketentuan
Varian Produk
OPPO Reno4 F (8/128) - Metallic White
Rp 4.006.000
Cicilan mulai dari
Rp 796.000/bln
Review OPPO Reno4 F (8/128) - Matte Black

Review Oppo Reno4 F

Oppo Reno4 F

Rilisnya Oppo Reno4 F di pasar Indonesia memberikan pengguna semakin banyak pilihan. Dibanderol seharga empat jutaan, perangkat ini sudah dibekali kemampuan kamera yang sangat mumpuni dengan bekal 6 buah lensa dengan sejumlah fitur menarik.

Kemampuan kamera yang menawan juga didukung dengan prosesor yang tidak kalah apik. Belum lagi ada manajemen daya cerdas yang dapat membuat gawai bertahan setengah jam saat tinggal 5 persen.

Seberapa layak ya perangkat ini untuk dipinang? Berikut ulasan lengkap Oppo Reno4 F yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Warna Oppo Reno4 F

Indodana juga menyediakan beberapa varian untuk Kredit HP Oppo ini:

Spesifikasi Oppo Reno4 F

Tabel Spesifikasi Oppo Reno4 F
TipeSmartphone
BentukBar
OSAndroid
Versi OSAndroid 10, ColorOS 7.2
SIMNano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPUMediatek MT6779V Helio P95 (12 nm) Octa core
Kecepatan CPU2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55
Storage128GB
RAM8GB
Baterai4.000 mAh
Ukuran Layar6,43 inci
Resolusi LayarFHD+ 2400 x 1080 pixels
Tipe2G/3G/4G (LTE)
2GGSM 850/900/1800/1900
3GWCDMA B1/5/8
4G (LTE)FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan16MP + 2MP
Fitur dan LayananWi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Quad Cameras
Dimensi dan Ukuran160.1 x 73.8 x 7.5 mm
Berat164 g

Desain Oppo Reno4 F

Desain Oppo Reno4 F

Bagi para penyuka ponsel berbodi tipis dan mudah disimpan di saku, Oppo Reno4 F adalah juaranya. Tebal dari perangkat ini hanya 7,48 mm saja, jauh lebih tipis dari beberapa pesaingnya yang mengunggulkan baterai bongsor. Tidak hanya tipis, gawai ini tentu saja juga lebih ringan.

Tidak mengherankan ketika ponsel digenggam memberikan kenyamanan tersendiri. Apalagi dengan penggunaan desain dimana tepian gawai dibuat agak bulat. Pengguna akan mendapatkan ponsel yang memiliki tepian mulus sehingga semakin nyaman digunakan.

Seperti kebanyakan ponsel di kelasnya, kesan mewah juga muncul melalui aksen kilau yang dipoleskan pada sisi belakang. Agar kilau ini tidak terganggu oleh noda, gawai ini diberi finishing shiny matte color untuk membuat tampilan gawai tetep sempurna meski lama digenggam.

Mengusung enam buah kamera, Oppo menyusun empat kamera dj bagian belakang dan dua kamera di bagian depan. Dua kamera depan ini diletakkan pada dual punch hole yang menjadi desain dari layar perangkat. Pengatur volume dan tombol power masih setia berada di sisi kanan.

Sementara slot untuk microSD dan SIM Card juga tetap berada pada sisi kanan. Bagian bawah pun tidak berubah. Speaker, USB Type-C, jack audio, hingga mikrofon terlihat berdempetan. Sedangkan di sisi atas hanya ada sebuah mikrofon.

Layar Oppo Reno4 F

Layar Oppo Reno4 F

Tidak ada komplain yang bisa disuarakan jika berbicara sektor layar. Dengan harga kisaran Rp4 juta, pengguna sudah mendapatkan layar beresolusi full HD+ dalam layar seluas 6,43 inci. Bukan hanya itu saja, panel yang digunakan pun sudah menggunakan Super AMOLED yang siap menghadirkan sajian memukau.

Agar lebih memuaskan, kamera disembunyikan dalam dua punch hole sehingga menambah luas tampilan layar. Layar gawai sudah memiliki sertifikat TÜV Rheinland yang membuatnya lebih ramah untuk mata.

Selain itu, gambar juga tetap jelas meski digunakan di bawah terik matahari. Lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3 juga sudah dibawakan Oppo pada seri ini. Jadi, pengguna tidak lagi khawatir jika layar tergores.

Performa Oppo Reno4 F

Performa Oppo Reno4 F

Tidak hanya dari segi desain saja yang membuat gawai jadi terlihat kekinian. Kesan futuristik itu juga didapat berkat penempatan pemindai sidik jari yang sudah menyatu dengan layar atau yang disebut teknologi in display. Teknologi keamanan ini juga responsif dan dapat membuka ponsel hanya dalam waktu 0,3 detik.

Tidak hanya itu saja, kesan futuristik ini juga muncul karena ponsel bisa mengangkat telepon tanpa perlu disentuh. Pengguna cukup memanfaatkan kamera sekunder pada sisi depan gawai dengan melambaikan tangan jika hendak mengangkat panggilan masuk.

Meski begitu, soal urusan jeroan Oppo tampaknya membuat gawai ini benar-benar lain dari saudaranya. Prosesor yang digunakan adalah MediaTek Helio P95 Octa-Core bukan lagi chipset Qualcomm seperti saudaranya.

Jeroan ini sama dengan Oppo Reno3 Pro yang jadi seri paling mahal di awal tahun. Soal performanya tidak perlu diragukan lagi. Dengan didukung RAM 8GB, gawai ini sudah sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari dengan baik. Membuka berbagai aplikasi populer sampai melakukan multitasking berjalan lancar tanpa hambatan.

Bermain gim juga semakin menyenangkan berkat adanya Teknologi HyperEngine. Performa mulus dari gawai ini tampaknya berkat keberadaan algoritma anti-lag Oppo sehingga kinerja chipset jadi semakin halus.

Jeroan yang apik semakin mumpuni dengan adanya ruang penyimpanan internal 128GB yang mampu menyimpan ribuan file. Agar pengguna semakin mudah mengoperasikan gawai, juga sudah ada sistem operasi Android 10 dan antarmuka ColorOS 7.2 yang siap digunakan.

Kamera Oppo Reno4 F

Kamera Oppo Reno4 F

Sebagai nilai jual utama, jelas sektor kamera yang dibawa oleh versi termurah dari Reno 4 ini sangat memanjakan pengguna. Total ada enam buah kamera yang dibekalkan pada perangkat ini, empat di belakang dan dua di depan.

Di sisi belakang, terdapat dua lensa mono masing-masing 2MP dan lensa ultrawide 8MP yang menemani kamera utama 48MP. Sejumlah kecerdasan buatan juga turut dibekalkan pada sektor kamera sehingga hasil jepretan bisa tetap apik baik di siang maupun malam hari.

Agar penggunanya semakin puas, beragam fitur juga dibawakan. Hasil jepretannya berkualitas tinggi dan sangat layak untuk dipamerkan di berbagai platform. Selain itu, urusan merekam video semakin apik karena adanya ultra steady video.

Keberadaannya mampu membuat pengambilan video jadi lebih stabil. Tidak lagi perlu khawatir gambar bergoyang saat melakukan proses syuting. Tidak ketinggalan fitur yang dapat membuat video bokeh dan gerak lambat.

Sementara dua kamera depan memiliki konfigurasi 16MP dan 2MP. Hasil jepretannya sangat layak untuk diunggah di media sosial. Fitur selfie gesture juga turut dibekalkan pada gawai ini. Keberadaannya mampu membuat pengguna melakukan foto selfie hanya dengan menunjukkan telapak tangan.

Baterai Oppo Reno4 F

Baterai Oppo Reno4 F

Keunggulan dari ponsel ini adalah proses manajemen daya yang sangat apik. Keberadaan fitur Super Saving Mode dapat membuat gawai bertahan lebih dari setengah jam untuk membuka aplikasi tertentu seperti ojek online dan WhatsApp saat daya hanya tinggal 5 persen.

Ada juga fitur fast charging 18W yang bisa mengisi daya hingga penuh sekitar 2 jam. Cukup disayangkan kapasitas baterai pada seri ini juga hanya 4.000 mAh saja. Tampaknya ini menjadi kekurangan mengingat para pesaingnya sudah banyak menggunakan baterai 5.000 mAh.

Harga Oppo Reno4 F

Harga Oppo Reno4 F saat ini masih berada di angka Rp4 juta awal. Harga yang tidak begitu mahal dan tidak juga murah untuk spesifikasi yang ditawarkan.

Ponsel yang Cocok untuk Si Pecinta Fotografi

Para konten kreator pemula tampaknya wajib membeli gawai ini. Pasalnya, selain memiliki performa yang mumpuni, kamera pada seri ini juga sudah sangat mendukung untuk menghasilkan beragam konten yang menarik.

Memang jika dibandingkan dengan saudaranya yang lebih mahal spesifikasinya lebih rendah, tetapi gawai ini jelas masih layak untuk dibawa pulang. Sektor fotografi tampaknya menjadi nilai jual utama dari versi termurah ini.

Sesuai dengan spesifikasinya, perangkat ini rasanya layak diandalkan untuk memotret produk-produk bagi para pemilik online shop. Selain itu, bagi yang suka dengan fotografi ponsel, seri ini juga bisa menjadi pilihan yang dapat diandalkan.

BACA SELENGKAPNYASEMBUNYIKAN DETAIL
Produk TerkaitLIHAT SEMUA