Realme C17 (6/256) - Navy Blue
4.5 / 5
Rp 2.541.000
Garansi Resmi
Gratis Ongkir
Deskripsi Produk
Ukuran LayarIPS LCD, 90Hz, 6.5 inches
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, (wide), 8 MP, f/2.2, (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Depan8 MP, f/2.0, (wide)
OSAndroid 10
ProcessorQualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
BateraiNon-removable Li-Po 5000 mAh battery
Cicilan mulai dari
Rp 505.000
Syarat dan Ketentuan
Varian Produk
Realme C17 (6/256) - Lake Green
Rp 2.541.000
Cicilan mulai dari
Rp 505.000/bln
Review Realme C17 (6/256) - Navy Blue

Review Realme C17

Realme C17

Kehadiran Realme C17 semakin meramaikan ponsel kelas entry level. Gawai besutan vendor asal Tiongkok ini menjadi saingan uang cukup ketat bagi ponsel lain di kelas yang sama. Pasalnya, spesifikasi yang dibawakan sudah mumpuni dengan harga yang relatif terjangkau.

Baterai bongsor dengan manajemen daya yang baik serta penggunaan RAM 6GB jelas sudah mampu memanjakan penggunanya. Ditambah lagi dengan memori internal 256GB, pengguna tidak lagi khawatir ponsel kehabisan ruang saat mengunduh aplikasi kekinian yang berukuran besar. Kira-kira layak dibeli tidak ya? Agar tidak menyesal, simak dulu yuk review kelebihan dan kekurangan dari seri ini.

Warna Realme C17

Indodana juga menyediakan beberapa varian untuk Kredit HP Realme ini:

Spesifikasi Realme C17

Tabel Spesifikasi Realme C17
TipeSmartphone
BentukBar
OSAndroid
Versi OSAndroid 10
SIMNano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPUQualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm) Octa-core
Kecepatan CPU4x1.8 GHz Kryo 240 & 4x1.6 GHz Kryo 240
Storage64GB/128GB/256GB
RAM4GB/6GB
External StoragemicroSD, up to 256GB
Baterai5.000 mAh
Ukuran Layar6,5 inci
Resolusi LayarHD+ 720 x 1600 pixels
Tipe2G/3G/4G (LTE)
2GGSM 850/900/1800/1900
3GWCDMA 1/5/8
4G (LTE)FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang13MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan8 MP
Fitur dan LayananWi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran164.1 x 75.5 x 8.9 mm
Berat188 g

Desain Realme C17

Desain Realme C17

Saat memutuskan untuk membeli perangkat ini, pengguna akan disuguhi dengan ponsel berukuran 164.1 x 75.5 x 8.9 mm. Untuk sebuah gawai masa kini, ukuran ini bisa dibilang tidak terlalu bongsor. Keikhlasan digenggam pun masih terasa kokoh dan nyaman.

Untuk mempercantik tampilannya yang sederhana, Realme memoleskan finishing matte pada cover bodi belakang sehingga memunculkan kesan elegan saat dilihat. Bahan polikarbonat yang digunakan pun tidak lantas membuat gawai jadi terlihat murahan.

Suguhan tampilan bodinya semakin menawan dengan pemberian warna lake green dan navy blue sebagai sentuhan akhir. Dua pilihan warna ini mencerminkan birunya laut yang misterius dan hijaunya danau yang terang.

Penggubah juga tidak perlu khawatir dengan noda sidik jari yang sering menempel. Pasalnya, ada polesan desain AG coating sehingga gawai terbebas dari noda tersebut. Tetapi sayangnya, gawai masih terasa cukup licin saat digunakan terus menerus.

Sekilas, penempatan kamera belakang pada seri ini mirip dengan Resume 7i. Ada empat kamera yang diatur membentuk huruf L yang diletakkan dalam sebuah bingkai. Keempat kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lampu flash LED.

Sama seperti kebanyakan ponsel kelas awal, sensor fingerprint juga masih diletakkan Realme di sisi belakang. Kemudian di sisi kanan hanya ada tombol pengatur volume dan juga tombol power. Sementara di sisi sebaliknya ada slot yang dapat digunakan untuk microSD sekaligus dua SIM Card. Di sisi depan, ada kamera selfie di sudut kiri atas. Sedangkan di pada sisi bawah, tampak penuh dengan adanya jack audio, speaker, USB Type-C, dan mikrofon.

Layar Realme C17

Layar Realme C17

Pengguna yang membeli ponsel ini akan disuguhi dengan layar 6,5 inci yang mengusung desain punch hole. Layar juga terlihat jadi semakin luas berkat adanya bezel tipis yang digunakan pada setiap sisinya.

Meski cukup disayangkan untuk tampilannya hanya mampu menyajikan gambar beresolusi HD+, tetapi refresh rate yang ditanamkan sudah 90 Hz. Dengan refresh rate yang cukup tinggi, gambar yang disajikan sudah tajam dan halus.

Pengguna yang suka bermain gim maupun menonton drama Korea melalui ponsel sudah akan dimanjakan dengan sajian gambar yang ditawarkan. Selain itu, layar juga sudah terlindungi lapisan Corning Gorilla Glass 3 sehingga lebih aman dari goresan maupun benturan ringan.

Performa Realme C17

Performa Realme C17

Sebagai ponsel keluaran masa kini, penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 460 octa-core memang cukup disayangkan. Meski dikombinasikan dengan RAM 6GB serta memori internal 256GB, performanya masih kalah dari sebagian pesaing yang mengusung prosesor lebih tinggi di kelas yang sama.

Chipset ini memang tidak memiliki kinerja buruk. Jika digunakan untuk mengakses media sosial, streaming, maupun mengakses beberapa aplikasi sekaligus. Soal urusan bermain gim pun tetap bisa diandalkan.

Tapi tetap saja, jeroan ini terbilang tidak cukup istimewa untuk kelas harga yang ditawarkan. Pengguna yang ingin memainkan berbagai gim populer seperti Asphalt 9, Mobile Legend, maupun PUBG harus pintar memilih pengaturan grafis agar pengalaman bermain tidak mengecewakan.

Keberadaan fitur Game Space cukup membantu, tetapi tidak terlalu banyak. Namun setidaknya, fitur ini dapat diandalkan untuk penggunaan daya yang lebih hemat serta menjaga jaringan tetap stabil.

Meski soal performa terbilang biasa saja, soal penyimpanan pengguna tidak perlu khawatir. Memori internal 256GB jelas sudah mumpuni untuk menampung berbagai aplikasi kekinian, ribuan foto, maupun file lain tanpa perlu khawatir ponsel kehabisan ruang.

Sebagai pelengkap dari performa gawai yang apik, ada sistem operasi Android 10 dengan antarmuka Realme UI 1.0 yang turut dibekalkan. Antarmuka ini mampu menyajikan tampilan yang menarik serta membawa sejumlah fitur yang membuat pengguna semakin dimudahkan.

Kerahasiaan isi ponsel semakin aman berkat dua fitur keamanan biometrik yang dibenamkan. Melalui kamera depan pengguna bisa memasang pengaman face unlock. Sementara melalui sisi belakang gawai, ada sensor fingerprint yang dapat bekerja secara responsif.

Kamera Realme C17

Kamera Realme C17

Soal urusan kamera, seri ini tidak begitu mengecewakan. Desain yang digunakan dalam menyusun kamera belakang juga menarik. Bersama dengan lampu flash LED, keempat kamera yang dibekalkan pada seri ini ditata dalam bingkai dan membentuk huruf L.

Sebagai ponsel kekinian, pengguna sudah bisa memanfaatkan kameranya untuk memotret berbagai objek dengan beragam fitur. Sebab sudah ada lensa retro 2MP, monokrom 2MP, ultrawide 8MP, serta kamera utama 13MP untuk digunakan.

Cukup disayangkan ketika sumber cahaya di lingkungan sedikit, hasil jepretan masih memiliki banyak noise. Namun jika digunakan memotret di tempat terang, pengguna akan mendapatkan foto yang lumayan natural dan tajam.

Kebutuhan melakukan panggilan video dan selfie juga dapat terpuaskan dengan kamera 8MP di sisi depan. Kamera ini sudah mampu menghasilkan gambar yang tidak memalukan untuk diunggah ke sosial media.

Baterai Realme C17

Baterai Realme C17

Salah satu kelebihan dari Realme C17 adalah baterai yang awet berkat keberadaan fitur Super Power Saving. Sesuai dengan namanya, fitur ini membantu gawai mengelola daya sehingga menjadi lebih hemat.

Selain keberadaan fitur penghemat daya, baterai yang ditanam di Realme C17 juga sudah cukup besar. Kapasitas 5.000 mAh sudah mampu digunakan untuk bermain gim 12,3 jam, membuka YouTube 18,6 jam, bahkan standby selama 34 hari.

Baterai besar, pengelolaan daya yang baik, semakin lengkap dengan adanya fitur fast charging 18W. Keberadaannya mampu digunakan untuk mengisi daya dalam waktu yang lebih singkat.

Harga Realme C17

Harga Realme C17 berada pada kisaran 2,5 juta Rupiah, cukup cocok untuk Anda yang ingin memiliki HP baru tapi berbudget tipis.

Kapasitas Penyimpanan dan Baterai yang Besar

Para pengguna ponsel yang sering kebingungan untuk menyimpan banyak file dalam ponsel, Realme C17 mungkin solusinya. Dibekali memori internal yang besar, pengguna sudah bebas untuk menempatkan berbagai aplikasi dan file.

Bagi yang hobi fotografi pun sudah bisa mendapatkan kamera mumpuni lewat seri ini. Ditambah lagi dengan kapasitas baterai besar yang membuat perangkat bisa digunakan berlama-lama di luar ruang tanpa khawatir kehabisan daya.

Orang-orang berkantong cekak tapi menginginkan gawai yang sudah mumpuni untuk bermain gim, Realme C17 bisa menjadi pilihan. Konten kreator yang sedang merintis karir rasanya sudah bisa mengandalkan kamera ponsel ini untuk berkarya.

BACA SELENGKAPNYASEMBUNYIKAN DETAIL
Produk TerkaitLIHAT SEMUA